Mengatasi Masalah Charging Power pada tablet TREQ

Treq A10C
KipasKipis Howto. Kali ini saya akan memberikan tutorial untuk mengatasi salah satu masalah pada komputer tablet, yang kebetulan punya saya sendiri, yaitu masalah charging power (tidak bisa ngecharge) pada tablet TREQ. Sempat terpikir untuk klaim garansi resmi karena tercantum masa garansi 1 tahun. Tetapi karena
di daerah saya belum ada service centernya dan harus dikirim, paling tidak, ke Jawa dan pastinya memakan waktu lama, maka urung saya lakukan.

Masalah yang ada pada tablet TREQ saya adalah beberapa waktu terakhir ini seringkali tidak bisa dicharge, indikator charge tidak menyala saat dicharge, atau menyala sebentar lalu mati lagi. Kecurigaan pertama tertuju pada charger yang rusak karena jack-nya terlihat longgar dan sering lepas bagian ujung metalnya. Tetapi saat dibelikan charge baru masalah tetap timbul. Saran dari beberapa tutorial online untuk ‘memencet’ jack dengan tang agar lebih menggigit juga tidak berhasil. Jadi tentunya bukan masalah dari unit charger. Karena saat jack digoyang ada tanda-tanda konek dan tidak konek, maka kecurigaan berikutnya ditujukan pada koneksi jack pada main board yang longgar. Kesimpulannya pasti harus bongkar casing tablet.

Berikut alat-alat yang harus disiapkan:
1. AVO meter
2. Solder dengan mata yang cukup kecil/tajam, agar pada saat digunakan tidak menyentuh komponen lain.
3. Timah solder
4. Sikat gigi atau kuas kecil
5. Kuku yang cukuk panjang dan kuat, bila tidak punya obeng plastik khusus untuk membuka casing tablet. Bila kuku kamu tidak cucuk panjang, bisa pinjam kuku teman tentunya atas sijin yang punya :).

Langkah-langkah:
  1. Melepas casing bagian belakang tablet. Casing belakang TREQ terbuat dari bahan plastik dan tidak ada satu pun baut pengencang. Casing belakang mengunci pada bodi utama dengan pin di sekelilingnya. Pin ini yang harus dilepas. Gunakan kuku dengan cara menyelipkan di antara casing belakang dan bodi utama, lalu geser kuku perlahan mengelilingi tepian bodi. Kamu akan mendengar suara klak kecil yang berarti pin terlepas dari kaitnya. Pastikan kamu sudah melepas memory card dan sedikit hati-hati di sekitar tombol power dan volume.
    Pin pengunci di sekeliling bodi TREQ
  2. Oke, casing belakang sudah terlepas. Jangan langsung ditarik karena ada kabel speaker yang menempel di casing. Berikutnya adalah periksa koneksi male jack pada mainboard. Perhatikan di jack tersebut ada 5 pin, 4 pin untuk ground dan 1 pin untuk positif. Kamu akan melihat bahwa pin tidak tertutup dengan timah. Timah hanya berada di antara mainboard dengan pin. Di sini titik lemahnya, karena pada saat mencabut pasang jack, terjadi goyangan yang berulang sehingga terjadi loss contact antara pin dengan mainboard. Cek masing-masing pin dengan AVO meter yang diposisikan pada pengukuran Ohm meter. Hati-hati untuk tidak menyentuh bagian pin lainnya dan pastikan power dalam posisi off. Bila kesulitan untuk melakukan testing karena jarum avometer tidak bergerak pada saat test koneksi, coba kerik sedikit lapisan yang menutupi pin dengan ujung probe avo meter dan bersihkan dengan sikat atau kuas kecil. Pada kasus tablet saya, pin yang loss contact adalah kabel positif (ada tanda positif ‘+’ kecil di dekat pinnya). Untuk memastikannya, colokkan jack charge dan tekan pin yang dicurigai loss contact dengan ujung probe avo meter. Seharusnya ada tanda-tanda kontak dengan menyalanya lampu charging pada tablet.
    Casing belakang TREQ sudah terbuka
  3. Solder pin yang loss contact. Tambahkan sedikit timah bila perlu. Hati-hati untuk tidak menyentuh komponen atau jalur tembaga lain saat penyolderan. Pastikan mata solder cukup kecil untuk dapat memanasi hanya bagian yang diperlukan dan jangan memanasi terlalu lama atau komponen kamu akan merusak komponen lain.

    Jack power/charge dengan 5 pin-nya
  4. Tes kembali koneksi dengan avo meter dan colokkan jack charger. Seharusnya lampu charging langsung menyala yang berarti perbaikan sudah berhasil dan masalah selesai.
PENTING! Tindakan pada tutorial ini akan membatalkan garansi resmi karena harus merobek segel garansi. Pastikan kamu yakin sebelum melakukannya. Kerusakan yang lebih parah mungkin saja terjadi dan pastikan kamu siap menanggung sendiri resikonya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Komentar

  1. Tablet saya gk ada charger.a, charger apa yg bisa saya belukan untuk mengaktifkan.a kembali?. Dan dimana saya bisa mendapatkannya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Barricade Tape

Komponen-komponen Rig Pemboran